You need to enable javaScript to run this app.

Pendampingan Anak Belajar membuat Tugas E-Learning (LMS Moodle) (13/11/2025)

  • Kamis, 13 November 2025
  • Kanghaki
  • 0 komentar
Pendampingan Anak Belajar membuat Tugas E-Learning (LMS Moodle) (13/11/2025)

Kamis, 13 November 2025
Lokasi: moodiy.com
Pelaksana: Pengembang Course / Mahasiswa


1. Tujuan Kegiatan

Melaksanakan tugas pengembangan e-learning berupa pembangunan satu course lengkap di Moodle (moodiy.com) sesuai panduan, meliputi 16 topik, aktivitas pembelajaran, pengaturan grup, gamifikasi, gradebook, dan UTS-UAS.


2. Uraian Kegiatan

A. Persiapan Awal

  1. Login ke moodiy.com sebagai admin reviewer menggunakan akun:

    • Username: sigit

    • Password: pambudi

  2. Membuat course baru dengan:

    • Nama Course: AI Literacy untuk Mahasiswa Manajemen

    • Format: Topic format, 16 topik.

  3. Menyiapkan banner, thumbnail, dan deskripsi pembuka course.


B. Penyusunan Struktur Course

  1. Membuat 16 topik sesuai ketentuan:

    • Topik 1–7: Materi perkuliahan reguler

    • Topik 8: UTS (Quiz 42 soal)

    • Topik 9–15: Materi lanjutan

    • Topik 16: UAS (Quiz 42 soal)

  2. Setiap topik diisi dengan:

    • Gambar narasi pembuka

    • File materi (PDF, PPT, video)

    • Satu aktivitas interaktif (Quiz/Forum/H5P/Assignment/Video Interaktif/Crossword)


C. Pengaturan Grup & Restrict Access

  1. Membuat dua grup:

    • F1 – Enrolment Key: formula-F1

    • F2 – Enrolment Key: formula-F2

  2. Mengatur aktivitas berbeda untuk tiap grup pada setiap topik.

  3. Menerapkan Restrict Access agar tiap grup hanya bisa melihat aktivitasnya sendiri.

  4. Menonaktifkan Guest Access.


D. Pembuatan Aktivitas Pembelajaran

  1. Menambahkan aktivitas interaktif:

    • Quiz

    • Forum

    • Assignment

    • H5P

    • Video Interaktif

    • Teka-teki silang (Crossword)

  2. Minimal 1 video interaktif dan 1 crossword per grup ditempatkan di topik berbeda.


E. Activity Completion dan Progress Tracking

  1. Mengaktifkan Activity Completion pada seluruh kegiatan.

  2. Mensyaratkan topik sebelumnya dibuka sebelum lanjut ke topik berikutnya.

  3. Mengaktifkan blok:

    • Level Up! → mengganti nama level & badge

    • Completion Progress


F. UTS dan UAS (Quiz 42 Soal)

  1. Soal diambil dari Bank Soal, dengan distribusi merata dari setiap topik.

  2. Pengaturan quiz mencakup:

    • Random question order

    • Random answer order

    • 5 soal per halaman

    • Nilai otomatis masuk Gradebook


G. Gradebook dan Letter Grade

  1. Menyusun pembobotan nilai, contoh:

    • Kehadiran 10%

    • Tugas 30%

    • UTS 25%

    • UAS 35%

  2. Menambahkan Letter Grade UNY (A s.d. E sesuai rentang nilai).

  3. Mengaktifkan prediksi nilai akhir untuk mahasiswa.


H. Glosarium

Menambahkan minimal 15 istilah AI dan Manajemen, misalnya:
Machine Learning, Decision Support System, Predictive Analytics, Automation, dsb.


I. Pengujian dan Validasi

  1. Membuat minimal satu akun student.

  2. Memastikan akun tersebut berhasil menyelesaikan semua aktivitas untuk validasi Activity Completion.

  3. Mengecek tampilan, navigasi, dan restriksi berjalan sesuai ketentuan.


3. Hasil Kegiatan

  • Course Moodle selesai dibangun lengkap dengan 16 topik.

  • Grup F1 & F2 berfungsi sesuai aturan.

  • Level Up, Completion Progress, Gradebook, dan Glosarium aktif.

  • UTS & UAS siap digunakan dengan 42 soal acak.

  • Tampilan course lengkap dengan banner, thumbnail, gambar narasi, dan materi.

  • Satu user student dinyatakan lulus seluruh aktivitas untuk uji coba.


4. Penutup

Kegiatan pembuatan e-learning pada Kamis, 13 November 2025 berjalan lancar dan selesai sesuai spesifikasi.
Course siap untuk didemokan dan direview oleh dosen penguji.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Artikel Terkait

Kang Haki

- Ketua -

Jika kamu tak tahan letihnya dan penatnya belajar, maka sungguh kamu akan menanggung perihnya kebodohan (nasehat imam syafi'i). Kulon Progo, 22…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Skill apa yang kalian pengin kuasai selama PKL?

Hasil